Membaca karakter orang dengan tes kepribadian, dulu waktu gw masih kuliah semester 5 gw ngambil mata kuliah Psikologi Kepribadian hari Rabu jam 2 sore dengan dosen Ibu Maria Leony (kalau tidak salah) senangnya berada dikelas itu, karena waktu itu Ibu Marlon (panggilan kami untuk beliau) akan mengadakan sebuah tes kecil-kecilan untuk kami para mahasiswanya, jadi kami diberikan pertanyaan dan kami harus menjawabnya dikertas, setelah kami selesai menjawab dari semua jawaban kami akan diberikan skor. Setelah dihitung dari semua jawaban saya, ternyata saya tergolong sebagai orang yang memiliki kepribadian "Melankolis" dalam ilmu psikologi Melankolis artinya :

melankoli, “Yang Sempurna”. Agak berseberangan dengan sang sanguinis. Cenderung serba teratur, rapi, terjadwal, tersusun sesuai pola. Umumnya mereka ini suka dengan fakta-fakta, data-data, angka-angka dan sering sekali memikirkan segalanya secara mendalam. Dalam sebuah pertemuan, orang sanguinis selalu saja mendominasi pembicaraan, namun orang melankoli cenderung menganalisa, memikirkan, mempertimbangkan, lalu kalau bicara pastilah apa yang ia katakan betul-betul hasil yang ia pikirkan secara mendalam sekali.

Orang melankoli selalu ingin serba sempurna. Segala sesuatu ingin teratur. Karena itu jangan heran jika balita anda yang `melankoli’ tak `kan bisa tidur hanya gara-gara selimut yang membentangi tubuhnya belum tertata rapi. Dan jangan pula coba-coba mengubah isi lemari yang telah disusun istri `melankoli’ anda, sebab betul-betul ia tata-apik sekali, sehingga warnanya, jenisnya, klasifikasi pemakaiannya sudah ia perhitungkan dengan rapi. Kalau perlu ia tuliskan satu per satu tata letak setiap jenis pakaian tersebut. Ia akan dongkol sekali kalau susunan itu tiba-tiba jadi lain.

Tapi kalau dipikir-pikir gw engga sebegitu rapihnya ko' kamar gw masih sering berantakan, tapi gw selalu tau setiap detail dari tata letak barang-barang gw, kalau geser sedikit pasti gw tau.


Sedangkan kalau dilihat dari ciri-ciri kepribadian blogger, Melankolis ciri-cirinya seperti ini


Ciri-ciri blogger melankolis

  • Agak perfeksionis. Kalau dirasa belum pas, posting yang sudah disiapkannya itu tidak akan dipublish dan diganti dengan yang lainnya. Begitupun kalau sudah siap-siap mengomentari postingan di blog lain, saat dia baca kembali komentar yang akan dimasukkannya dan dirasanya kurang pas, maka dia akan urung untuk memberikan komentar.
  • Bersifat teratur. Postingan sudah memiliki jadwal terbit, blogwalking juga memiliki waktu tersendiri
  • Sangat kreatif, sehingga letupan-letupan kreatif akan terlihat dalam aktivitas bloggingnya.
  • Mau berkorban untuk orang lain seperti misal dengan melakukan link baiting dengan blog-blog lain.
  • Tekun. Kalau dulu di blogger.com belum bisa membuat halaman statis secara gampang, blogger melankolis akan tekun membuatnya sendiri
Rasanya lucu ngeliat sisi kepribadian si Melankolis dan ciri-ciri blogger menurut kepribadiannya, bisa dibilang 80% dari si Melankolis ya itulah gw, orang yang maunya semua berjalan sesuai rencana sehingga terkadang gw kurang realistis dan terlalu berhati-hati, terlalu perfectionist sedangkan terkadang itu malah merugikan gw sendiri karena hasilnya akan lama.

lalu bagaimana dengan kepribadian kalian? coba yuk iseng-iseng ikut tes kepribadian sendiri dan inilah hasil dari tes yang gw jalanin barusan sungguh woooww ini bener-bener saya hahahahaha 90% benaarrrr :D