Film Sanctum yang merupakan sebuah karya terbaru dari James cameron ini memang luar biasa bikin penasaran, pertama liat trailernya saja pasti orang sudah tertarik untuk melihat sinopsisnya, setting tempat yang digunakan adalah Papua Nugini Indonesia.

Film yang dibintangi oleh Richard Roxburgh sebagai Frank, Ioan Gruffudd sebagai Carl yang merupakan atasan atau boss dari Frank, dan Rhys Wakefield sebagai Josh yang merupakan anak dari Frank, menceritakan mengenai Frank yang merupakan seorang petualang dengan mimpinya yang cukup gila memang selalu menghabiskan waktunya dengan cara berpetualang ke tempat-tempat yang belum dikunjungin oleh orang-orang, sampai pada akhirnya Carl yang merupakan boss dari Frank ini mulai mengadakan penelitian di sebuah Gua yang merupakan gua terbesar di seluruh dunia, gua esa ala yang terlihat indah ini memang luar biasa menakjubkan namun mereka harus menjelajahi gua tersebut dengan jalan masuk yang sangat minim sekali, butuh berbulan-bulan untuk Frank menjelajahi gua ini.

Namun ketika badai tropis mulai menghantui Papua, mau tidak mau mereka harus menghadapi kejadian-kejadian alam yang tidak terduga, karena setelah badai besar gua tersebut harus diterjang oleh derasnya air sungai yang memasuki gua serta menghancurkan beberapa alat komunikasi antara mereka yang berada di dalam gua dan mereka yang berjaga-jaga diluar gua. Kepanikan yang terjadi didalam gua benar-benar menghasilkan ketegangan yang luar biasa bagi penontonnya, bayangkan saja kita harus menyaksikan perjuangan Frank, Carl, Josh, George, Victoria, Luko, Judes yang harus berjuang untuk tetap bertahan dengan segala keterbatasan yang mereka miliki, resiko yang mereka hadapi cukup besar karena sedikit saja kesalahan yang mereka lakukan mungkin akan berakibat hilangnya nyawa mereka.

Judes yang merupakan teman dekat Frank harus mati karena selang oksigennya putus saat harus melewati bebatuan yang sangat sempit demi mencari jalan menuju lautnya, mereka semua harus bisa bertahan di keadaan yang sangat mengerikan. Banyaknya resiko yang mereka hadapi akhirnya membuat mereka harus kuat menghadapi semua kejadian-kejadian alam didepan mereka, satu-persatu mereka harus gugur ditengah jalan karena melakukan kesalahan kecil, sampai akhirnya Frank dan Carl yang pada awal cerita terlihat tidak terlalu akur ini harus mengalahkan ego nya masing-masing untuk saling membantu dan menjaga diri sendiri dan yang lainnya, pada akhir cerita Frank harus gugur karena perbuatan Carl yang kesal atas sikap Frank sehingga Frank harus memberikan semangat untuk Josh agar bisa menyelesaikan mimpi sang ayah untuk bisa menyelesaikan ekspedisi ini.

Menurut saya film ini memang terlalu banyak menguras tenaga para penontonnya, bayangkan saja dari pertengahan cerita hingga akhir cerita kita harus melihat banyaknya ketegangan yang terjadi karena alam dan kecerobohan mereka, tapi secara keseluruhan film ini merupakan film dengan setting tempat terbaik dari semua film yang ada, dengan suguhan cerita yang tidak membosankan. Mengenai Ending dari cerita ini memang cukup mengecewakan karena dipertengahn cerita saya sudah dapat menebak Ending dari film ini.